Rabu, 10 September 2008

ASIMO robot cerdas


ASIMO (アシモ, ashimo) adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda. Dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram, penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel. ASIMO dapat berjalan dengan dua kaki dengan gaya berjalan yang menyerupai manusia hingga kecepatan 6 km/jam. ASIMO diciptakan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di Jepang. Model yang sekarang merupakan versi sebelas, semenjak dimulainya proyek ASIMO pada 1986.
Menurut Honda, ASIMO merupakan akronim untuk "Advanced Step in Innovative MObility"(Langkah besar dalam pergerakan inovatif). Pernyataan resmi Honda tersebut bertentangan dengan persepsi umum yang mengira bahwa kata "ASIMO" berasal dari nama penemu Tiga Hukum Robotik, Isaac Asimov. Selain itu, dalam bahasa Jepang, pelafalan "ashimo" bisa berarti "kaki juga" (dari bahasa Jepang "脚も").
Asimo generasi ke dua telah di pamerkan pada bulan september tahun 2007 lalu di barcelona, spanyol. Spesifikasi dari asimo generasi ke dua. Kecepatan lari 6 km/jam (yang terdahulu 3 km/jam. Kecepatan jalan normal 2,7 km/jam (yang terdahulu 2,5 km/jam).Kecepatan jalan ambil membawa benda 1,6 km/jam. kecepatan lari memutar 5 km/jam. tinggi 130 cm. berat 54kg. Asimo versi ke dua mampu mendorong kereta dorong ( Troli). Ia bisa mengatur jarak tubuh dengan kereta dorongnya, dan mengatur tenaga di di kedua lengannya untuk melakukan dorongan dengan sensor yang ada di pergelangan. dan Asimo versi ke dua ini dapat melakukan beberapa pekerjaan seperti menjadi resepsionis

Tidak ada komentar: